Padang, sippfm.com,-Pemindahan puluhan pedagang Pasar Balimbiang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Pemindahan 94 pedagang ke dalam bangunan pasar yang selesai dibangun pada akhir Oktober itu dikawal Dinas Perdagangan dan Sat Pol PP dan berlangsung tertib tanpa perlawanan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dasar (UPTD) Pasar Balimbiang, Yustian mengatakan Minggu lalu pihaknya telah melakukan loting kepada 94 pedagang. Selanjutnya, bersama Dinas Perdagangan ditentukan jadwal pemindahan pada Senin (13/11).

Yustian juga mengatakan, apabila pedagang sudah dipindahkan, omzet para pedagang akan meningkat karena kondisi Pasar Balimbiang lebih representatif dikunjungi pembeli.

Program penataan Pasar Balimbiang tersebut, kata Yustian, akan terus berlanjut. Melalui program itu tidak hanya akan dibangun bangunan satu lantai, tetapi juga akan dibangun dua bangunan lagi pada 2018. Namun, ia belum bisa menginformasikan jadwal pastinya pembangunan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan, semua pedagang harus mengisi tempat berjualannya paling lambat pada Rabu (15/11). Jika pedagang tidak menempatinya pada tanggal itu, pihaknya akan mengambil alih tempat tersebut pada Kamis (16/11).

Pengerjaan bangunan tersebut, kata Endrizal, dilanjutkan pada Januari 2018 dengan APBD Padang sekitar Rp6 milliar.

“Setelah selesai lelang, kembali kami lanjutkan pengerjaan pembangunannya,”tuturnya. (h/mg-mel)

www.harianhaluan.com
SIPP FM