PADANG, sippfm.com Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkait kontroversi pengadaan mobil dinas baru untuk dirinya dan Wagub Audy Joinaldy. Guna mengakhiri polemik ini akhirnya Mahyeldi memutuskan untuk menyerahkan mobil dinas dengan merk Mitsubishi Pajero Sport tersebut untuk operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumbar.

Dalam keterangannya kepada media, Kamis (19/8/2021) di Padang, Mahyeldi menjelaskan bahwa pembelian mobil dinas tersebut sudah dianggarkan sejak 2020 lalu, sebelum dirinya terpilih sebagai gubernur. Hal tersebut sudah sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Mencermati isu mobil dinas kepala daerah Sumbar dalam dua hari ini, maka saya atas nama pribadi dan pemerintah terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua karena telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik. ” kata Mahyeldi, di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (19/8).

Adapun untuk kendaraan operasionalnya setelah ini, Mahyeldi memilih akan menggunakan mobil pribadinya. Mengingat mobil dinas yang lama sudah mengalami banyak kendala dan kerusakan, sehingga menghambat mobilisasi ke daerah. Sebelum diberi fasilitas mobil dinas baru ini ia sempat dipinjamkan mobil oleh salah satu SKPD dengan harapan pelayanan kepada masyarakat tetap terlaksana.

“Dalam rangka mempertegas komitmen kami untuk penanganan Covid-19 dan bukti kepedulian kami kepada masyarakat, maka saya sudah instruksikan melakukan pengalihan fungsi mobil dinas gubernur¬† menjadi mobil operasional penanganan covid 19.¬† Melelang segera mobil dinas yang lama, sehingga dananya bisa dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19,” kata Mahyeldi .

Penyerahan mobil dinas tersebut ditandai dengan penyerahan kunci mobil dari gubernur kepada Ketua Satgas Sovid-19 di Istana Gubernur Sumatera Barat. Langkah ini juga dilakukan oleh Wakil Gubernur, Audy Joinaldi. (*)