PADANG, sippfm.com,– Wali Kota Padang, Hendri Septa menargetkan, pada akhir 2023, seluruh RW di Kota Padang harus memiliki bank sampah. Oleh karena itu, ia meminta seluruh Ketua RW untuk membangun bank sampah di lingkungan masing-masing.

Informasi tersebut disampaikan oleh Hendri saat penyerahan dana operasional RT/RW, guru TPQ/TQA dan MDT, imam masjid, kader PAUD, serta kader Posyandu Triwulan III di lingkungan Kecamatan Lubuk Kilangan Padang, Senin (9/10/2023).

Menurutnya, jumlah bank sampah di Kota Padang saat ini masih minim. Misalnya saja di Kecamatan Lubuk Kilangan. Bank sampah di kecamatan ini baru berjumlah tiga buah.

Sementara, di Kota Padang, terdapat sekitar 887 RW. Diharap, hingga akhir tahun ini, Padang sudah memiliki 887 bank sampah.

“Nantinya, Ketua RW diharapkan menjadi inisiator pembentukan bank sampah tersebut, dan mengajak masyarakat untuk menjadi nasabahnya,” tegasnya dikutip dari lama infopublik.id.

Sementara itu, ada pun besaran dana operasional yang diterima yakni Ketua RT sebesar Rp385 ribu per bulan, Ketua RW Rp445 ribu, guru TPQ/TQA dan MDT untuk sertifikasi A Rp650 ribu per bulan, sertifikasi B Rp500 ribu, dan sertifikasi C Rp400 ribu.

Selanjutnya, imam masjid Rp180 ribu per bulan, Kader Posyandu Rp100 ribu dan Kader PAUD Rp50 ribu per bulan. [fru]