Menu

Yuk Didik Anak Dengan Amalan Sunnah Rasulullah

  Dibaca : 248 kali
Yuk Didik Anak Dengan Amalan Sunnah Rasulullah

Keluarga SIPP, sebagai orang tua kita mempunyai kewajiban yang tidak hanya mengurus anak, memenuhi kebutuhan fisik, ataupun menyekolahnya. Akan tetapi ada tugas yang lebih dari itu yakni menanamkan akhlak yang baik, seperti yang telah dicontohkan Rasulullah kepada umatnya.

Umar bin Abi Salamah radhyiallahu ‘anhu, mengisahkan, “Dahulu ketika aku masih kecil dan menjadi anak tiri Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, dan (bila sedang makan) tanganku (aku) julurkan ke segala sisi piring, maka Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ‘Hai nak, bacalah bismillah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari sisi yang terdekat darimu.’ Maka semenjak itu, itulah etikaku ketika aku makan,” (Muttafaqun ‘alaih).

Nah, cara mendidik anak dengan amalan-amalan sunnah seperti yang Rasulullah SAW ajarkan kepada Umar bin Abi Salamah RA dalam hadist tersebut dapat kita ajarkan kepada buah hati kita. Mulailah dengan hal yang sederhana, seperti mengajarkan anak bagaimana adab makan dan minum, adab ketika hendak dan bangun tidur, akhlak patuh dan hormat pada orang tua, akhlak bergaul dengan teman, dan lainnya. Ajarkan secara perlahan namun terus-menerus. Dengan membiasakan mereka melakukan berbagai amalan sunnah dalam keseharian, maka insya Allah akan membentuk kebiasaan dan etika mereka hingga dewasa.
By: Uci alNaziha

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Loading the player...

ig: @sippfm

PROGRAM

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional