PADANG, sippfm.com- Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) wilayah dakwah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Tifatul Sembiring, menyebutkan empat kriteria yang dibutuhkan bagi seorang pemimpin, khususnya di Sumatera Barat. Kriteria tersebut antara lain: bermoral, visioner, berkompetensi dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat.

“Jadi tidak bisa ditawar lagi soal moral ini, dan harus memiliki visi mau dibawa kemana Sumatera Barat. Kemudian bagaimana perencanaan dan memiliki kompetensi sehingga beragam persoalan bisa diselesaikan,” ungkapnya dalam diskusi bersama awak media di kantor DPW PKS Sumatera Barat, Jum’at (20/11/2020)

Selanjutnya pemimpin Sumbar harus mampu berkomunikasi dengan baik dan tidak suka kontroversi apalagi menghujat sana-sini. papar Menkominfo era SBY itu.

Mantan presiden PKS itu menegaskan bahwa partai kader tersebut dari awal sudah fokus mempersiapkan pemimpin-pemimpin baik nasional maupun daerah, sesuai kriteria ini.

Sementara itu menghadapi Pilgub 2020 yang sudah ada di depan mata, Tifatul optimis bahwa Mahyeldi memiliki peluang kuat untuk menang. Ia tidak mempermasalahkan beberapa hasil survei yang justru mengunggulkan kandidat lain.

“Ya silahkan saja, kami juga punya hasil survei internal. Tapi kami tidak akan ungkap hasil survei internal ini, biarlah calon lain bersorak mengklaim hasil survei mereka paling tinggi,” ujarnya.

Sementara menyikapi komentar Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, apakah tidak bosan 10 tahun dipimpin oleh PKS, politisi berdarah Minang itu tidak menganggapi serius.

“Silahkan saja. Tapi ini bukan soal bosan atau tidak bosan. Tapi soal kriteria yang tadi, moral, visi untuk Sumatera Barat, kompetensi, dan punya komunikasi yang baik. Jangan sebentar-sebentar buat orang Sumatera Barat naik darah melulu,” katanya. (mc)