PADANG, sippfm.com- Pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat berjalan dengan sukses. Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih juara umum dengan perolehan medali terbanyak, disusul DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Banten, Riau, NTB, dan Kalimantan Barat.

Pengumuman hasil MTQ yang berlangsung selama sepekan tersebut disampaikan dalam kegiatan penutupan di pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (20/11).  Ketua dewan hakim Prof. Dr. H. M. Roem Rowi, MA menyampaikan Keputusan Dewan Hakim MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 No. 02/Kep.DH/MTQN-XXVIII/2020 tentang penetapan peserta terbaik I, II, III, Harapan I, III, dan III.

Sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan MTQN XXVIII ini Sumbar berhasil menoreh prestasi sangat membanggakan. Dari 28 cabang lomba Sumbar mendapatkan Sembilan emas, sepuluh perak, dan 4 perunggu.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mensyukuri capaian ini di penghujung jabatannya yang akan berakhir pada Februari 2021. Sebelumnya ia hanya menargetkan agar bisa tembus lima besar, agar bisa melecut optimisme para khafilah.

“Alhamdulillah ini prestasi luar biasa. Sebelumnya kita hanya meminta rombongan (kafilah-red) bisa memperjuangkan lima besar. tapi Alhamdulillah bisa mendapatkan satu besar,” ungkapnya. (Hfz)