Padang, sippfm.com- Sambut Pilkada serentak 2020, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat menggelar koordinasi pemenangan Pilkada Serentak 2020 di Hotel Grand Inna Padang, Sabtu (29/8). Konsolidasi yang dilakukan dalam bentuk Rapat Koordinasi Nasional tersebut juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh DPW se-Indonesia tersebut menghadirkan kandidat pasangan kepala daerah yang diusung PKS.

Selain melakukan konsolidasi pemenangan Pilkada 2020, juga dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh calon kepala daerah yang diusung oleh PKS sekaligus penyerahan formulir B1. KWK dari parpol.

Dari 14 pilkada Sumbar, sebanyak 12 SK sudah dinyatakan final. Adapun dua daerah lagi, Pasaman dan Limapuluh Kota masih dalam proses. Sejauh ini PKS telah memberikan mandat kepada sembilan kader terbaiknya untuk terjun memenangkan pilkada, baik pilgub maupun pilkada kabupaten/ kota.

Diantaranya Mahyeldi untuk calon Gubernur Sumatera Barat,  Trinda Farhan (cabup Agam), Hendri Susanto (cabup Sijunjung), Refrizal (cabup Padang Pariaman), Marfendi (cawawako Bukittinggi), Sultani (cawabup Tanah Datar), Adli (cawabup Solok), Hamdanus (cawabup Pesisir Selatan) dan Hamsuardi (cabup Pasaman Barat).

Sementara itu, di beberapa kabupaten dan kota, PKS juga ikut mendukung beberapa kandidat kepala daerah. Seperti di Dharmasraya, PKS mendukung incumbent Wabup Amrizal Dt Rajo Perak dgn H Herman, Kota Solok PKS memberi dukungan kepada incumbent Wako Zul Elfian dan di Solok Selatan, PKS memberi dukungan pada Abdul Rahman yang saat ini menjabat Wakil Bupati.

Ketua DPW PKS Sumbar, Irsyad Syafar mengatakan, terkait koalisi partai di pilkada kali ini, secara umum PKS tidak membatasi ruang, sehingga berkoalisi dengan berbagai partai, sesuai komunikasi dan dinamika politik yang berkembang di daerah tersebut.

“Yang penting sekali kita berusaha untuk menseleksi baik dari internal PKS dan Eksternal, calon yang benar-benar bisa memimpin dengan sepenuh hati, amanah, memiliki kapasitas dan bisa memajukan pembangunan di daerahnya dalam berbagai sektor,” ujar Irsyad. (*)