Padang, sippfm.com-Sejumlah sekolah di Kota Padang, Sumatera Barat terdampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak Rabu dinihari.

Kepala Dinas Pendidikan setempat Barlius di Padang, Rabu, mengatakan sebanyak lima sekolah sementara waktu dilaporkan terdampak banjir dengan ketinggian air 30 hingga 60 centimeter.

“Sekolah tersebut yaitu SDN 20 Padang, SMPN 33 Padang SMPN 27 Padang, SMP Taman Siswa, dan SMPN 40 Padang,” sebutnya.

Ia mengimbau pihak sekolah dapat menyelamatkan aset-aset sekolah yang masih bisa diselamatkan seperti buku-buku, barang-barang elektronik semisal komputer, kursi dan barang lainnya, sehingga kerugian akibat banjir dapat diminimalkan.

“Kepala sekolah diimbau untuk berada di sekolah dan melaporkan segala kerusakan akibat bajir,” ujarnya.

Hingga saat ini, katanya pihaknya masih melakukan pemantauan ke sejumlah sekolah yang berada di daerah itu.

Terkait kegiatan belajar, katanya diliburkan hingga 2 Juni 2017 mengingat kondisi cuaca yang buruk dengan kondisi hujan deras yang terus mengguyur.

“Saat ini siswa SD dan SMP sedang menghadapi ujian akhir semester, dengan kondisi curah hujan yang masih tinggi maka siswa diliburkan,” ujar dia.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar memprakirakan hujan lebat yang mengguyur beberapa daerah di provinsi itu sejak dini hari masih berpotensi terjadi hingga malam.

“Diperkirakan hujan masih turun hingga malam, namun intensitasnya sudah mulai berkurang,” kata Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji.

Pada awalnya, katanya BMKG Ketaping memprakirakan pada pukul 08.30 Wib hujan sudah mulai berhenti, namun saat ini awan-awan hujan masih terdapat, tetapi intensitasnya tidak selebat saat dini hari tadi. (*)

www.antarasumbar.com
SIPP FM