Oleh: Kamrizal Syafri Adam, Lc., MA

Rasulullah SAW bersabda: “Amal yang paling di sukai Allah adalah amal yang kontiniu (rutin) walau sedikit”. (HR Muslim dari Bunda Aisyah).

Biasakan untuk sedekah setiap Subuh, atau setiap Jum’at, atau setiap bulan, atau setiap dan kapanpun menerima gaji, upah, hadiah, bonus atau bantuan, dll. Hal ini:

1. Agar bersedekah jadi kebiasaan, jadi mudah, kebutuhan, dan jadi karakter/ kepribadian/ aklak mulia yang melekat pada diri kita.

2. Agar harta bersih dan berkah. Karena sangat sulit memastikan penghasilan kita benar benar bersih 100% dari riba, haram dan syubhat. Selama kita msih berhubungan dengan bank, dan pajak. Bahkan kadang kita telat masuk kantor, tidak fokus berkerja selama jam kerja, atau kadang mengerjakan urusan pribadi di jam kerja, sementara gaji kita terima full dan utuh.

3. Agar kita berbagi kebahagiaan dan keberkahan pada sesama, saudara dan du’afa..Sehingga tersebar bahagia, menyebar rahmat di lingkungan, dan semakin meluas, jika sedekah rutin telah menjadi budaya suatu masyarakat dan komunitas.

4. Karena sedekah, walaupun sedikit jika rutin, dan jadi budaya sebuah komunitas, maka akan dahsyat hasil dan luar biasa manfaatnya.

Jika sejuta dari sekitar 250 juta umat Islam rutin sedekah 1000 saja setiap hari. Akan terkumpul dana sedekah 1milyar sehari, atau 30 milyar sebulan, atau 360 milyar setahun.

Jika 10.000 dari ratusan juta umat Islam rutin sedekah 100.000 saja setiap bulan. Maka akan terkumpul dana sedekah 1milyar/bulan atau 12 milyar 1 tahun, dan seterusnya..

Alangkah dahsyat nya dana yang terkumpul dan program kebaikan yang dapat diwujudkan.

Hal ini tentu saja, jika dilakukan secara rutin, oleh satu komunitas, dan dikelola oleh lembaga yang profesional.

Wallahu a’lam