PADANG, sippfm.com- Perguruan Islam Ar Risalah Padang kembali melaksanakan Pembinaan Intensif Bahasa Arab atau “Mukhayyam ‘Arabiy”. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diangkatkan oleh bagian Pengembangan Bahasa Asing di Perguruan Islam ArRisalah untuk seluruh siswa dan siswi baru, kelas VII SMP dan X Madrasah Aliyah.

Kegiatan Mukhyyam ‘Arabiy Ar Risalah dibuka pada Senin (28/6/2021) dan akan berlangsung selama sepekan. Untuk gelombang pertama diikuti oleh siswa-siswi kelas X Masrasah Aliyah.

Ketua panitia Mukhayyam ‘Arabiy Perguruan Islam Ar Risalah, Desri Tisma, Lc., menyebutkan, agenda ini biasanya diangkatkan di awal semester 1. Namun dikarenakan kondisi pandemi Covid-19, kegiatan baru bisa terealisasi di akhir semester 2.

“Karena kondisi pandemic pada awal tahun ajaran ini dan siswa belajar daring maka agenda ini baru bisa diangkatkan di akhir semester 2 ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini dikemas secara kreatif, dan menarik, dengan agenda-agenda pendukung yang membuat peserta senang dan bisa menikmati hingga akhir. Adapun sebagai pemateri dan mentor, panitia melibatkan para alumni yang merupakan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Timur Tengah dan benua Afrika, seperti: Universitas Islam Madinah, Universitas Internasional Afrika Sudan, Universitas Amir bin Sattam Arab Saudi, Universitas Al Imam Ibnu Su’ud / LIPIA Jakarta, Universitas Al Azhar Kairo, dan Universitas Qasimia Dubai.

Kepala Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Perguruan Islam Ar Risalah,  Aslam Hadi, Lc., menegaskan tujuan agenda ini adalah untuk memulai hidupkan iklim berbahasa Arab antar siswa di lingkungan sekolah maupun asrama.

“Adapun tujuan agenda ini dilaksanakan adalah untuk membangun dan memulai suasana berbahasa Arab di antara siswa, baik di sekolah maupun asrama. Maka untuk mewujudkan tujuan ini, selama agenda berjalan, semua pemateri, mentor dan peserta Mukhayyam Arabiy wajib berkomunikasi dalam Bahasa Arab,” ungkap Ustadz Aslam. (*)