PADANG, sippfm.com- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) akan memfasilitasi rapid test antigen gratis kepada peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021, yang mulai digelar pada 21 September hingga 2 Oktober mendatang.
Kepala badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Ahmad Zakri, mengatakan, berdasarkan aturan resmi yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara, peserta seleksi CASN 2021 diwajibkan melakukan tes swab PCR 2×24 jam atau rapid test antigen 1×24 jam sebelum mengikuti ujian.
Ia menjelaskan, sehari sebelum ujian, peserta wajib rapid tes antigen terlebih dahulu. Untuk tes swab bisa dua hari sebelum ujian. Pihaknya akan memberikan pelayanan rapid test di gedung BKD Sumbar. Dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar yang akan melaksanakan.
Ia menjelaskan, SKD akan dilaksanakan di kampus Universitas Putra Indonesia–Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI–YPTK) di Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Nantinya, SKD akan dibagi menjadi tiga sesi, kecuali hari Jumat yang terdiri dari dua sesi.
Dalam satu hari akan bagi menjadi tiga sesi. Jumlah peserta di setiap sesi sebanyak 250 orang. Total peserta ada sebanyak 8.483 orang, terdiri dari peserta CASN 8.477 orang dan PPPK nonguru enam orang.
Diketahui, pada CASN tahun ini Pemprov Sumbar membuka 1.176 formasi. Formasi tersebut merupakan jumlah yang disetujui oleh pemerintah pusat dari 1.500 formasi yang diusulkan. Formasi tersebut terdiri dari PPPK guru 743 formasi, CASN tenaga kesehatan 92 formasi, CASN tenaga teknis 333 formasi, dan PPPK nonguru atau tenaga teknis delapan formasi. (*)