Surabaya|sippfm.com Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah kembali berkiprah di kancah nasional. Kali ini Mahyeldi didapuk mewakili pemerintah kota se-Indonesia untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Kongres ke-7 United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) di Surabaya, Jumat (14/9). Pada kegiatan yang mengangkat tema tentang iklim dan energi itu, Mahyeldi menjadi wakil yang maju ke depan untuk menandatangani MoU antar kota se-Asia Pacific terkait komitmen terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Benar, tadi pak Wali Kota Padang yang mewakili kota se-Indonesia dalam menandatangani kesepakatan itu,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin yang hadir dalam acara tersebut.

MoU yang ditandatangani merupakan komitmen antar jaringan atau networking dengan seluruh kota se-Asia Pacific untuk menghadapi isu perubahan iklim. Sebanyak 16 kota se-Indonesia, termasuk Padang, ikut menyatakan komitmen terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Dengan penandatangan MoU tersebut, Kota Padang resmi sebagai anggota dari Global Covenant of Mayor (GCoM) terkait iklim dan energi di wilayah Asean,” jelas Al Amin.

Kongres yang didanai oleh European Union (EU) terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Termasuk memilih Presiden United Cities Local Governments Asia-Pacific (UCLG-ASPAC). (charlie)

Sumber: Portal sumbar