Padang|sippfm.com-Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Muaro Padang dikerahkan membersihkan masjid. Kegiatan sapu bersih (Saber) Masjid itu digelar sebagai bagian dari pembinaan sekaligus menjadi ladang amal bagi warga binaan dengan harapan mereka akan rajin beribadah selepas menjalani masa hukuman.

Seperti terlihat di Masjid Raya Ganting, Jumat lalu sepuluh orang warga binaan Lapas Muaro diberdayakan untuk melaksanakan Saber Masjid di masjid bersejarah di Kota Padang tersebut. Mereka membantu membersihkan tempat bersuci dan pada bagian – bagian masjid yang perlu dibersihkan

Kepala Lapas Kelas IIA Muaro Padang, Arimin menjelaskan, kegiatan Saber Masjid ini sudah digelar rutin setiap pekan sejak beberapa waktu lalu. Melalui Saber Masjid, sekaligus mempersiapkan mental warga binaan untuk berbaur kembali ke tengah masyarakat. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan adalah masjid yang besar sehingga membutuhkan banyak orang untuk membersihkannya..

Pelaksanaan Saber Masjid di Masjid Raya Ganting hari itu dilaksanakan sebelum pelaksanaan ibadah shalat jumat. Kegiatan Saber Masjid ini tetap dalam pengawalan petugas Lapas. Arimin yakin, warga binaan yang diajak untuk kegiatan tersebut menyadari bahwa sisa masa hukumannya tinggal tidak berapa lama lagi sehingga kecil kemungkinan ada niat melarikan diri.