PADANG, sippfm.com- Kabar gembira disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, untuk jamaah haji dan umroh yang berangkat dari Sumbar. Meski belum ada kepastian kapan penyelenggaraan haji dan umroh dibuka kembali secara regular, namun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tetap optimis keadaan akan kembali normal. Gubernur Sumbar, Mahyeldi, bahkan akan menyiapkan bekal rendang kepada setiap jemaah haji dan umroh yang berangkat dari Sumbar.

Hal tersebut disampaikan Mahyeldi saat memberikan sambutan pada acara serah terima sertifikat pembimbing manasik haji dan umroh mandiri dan profesional, di Hotel Rangkayo Basa, Sabtu (6/3/2021).

Mahyeldi mengungkap keresahannya karena banyak penyelenggara haji dan umroh yang ada di Sumbar, merupakan cabang dari perusahaan yang ada di Jakarta.

“Harusnya pusatnya di Sumbar, cabangnya baru ditempat lain, sehingga keberangkatan jemaah itu dari Sumbar, sebab waktu terpendek ke Jedah itu adalah dari Sumbar. Jangan dibalik, jemaah Sumbar dibawa dulu ke Jakarta, lalu ke Malaysia lagi, kan capek, waktunya juga lebih lama,” tutur Mahyeldi.

“Semoga kedepan bagi jemaah yang berangkat atau bermalam di Sumbar, akan kita sediakan rendang. Kalau di Kota Padang, hal ini sudah dianggarkan, tapi tahun 2020 tidak terpakai karena tidak ada keberangkatan haji dan umroh,” ungkapnya lebih lanjut.

Hal tersebut, sebutnya, sejalan dengan program kerja gubernur terkait penguatan hubungan dengan Timur Tengah, dan menjadikan Sumatera Barat sebagai pintu gerbang untuk Indonesia bagian barat.

Mahyeldi juga menumpangkan harapan dengan adanya sertifikasi pembimbing manasik haji dan umroh tersebut, kualitas haji dan umroh semakin meningkat kedepannya. (*)