Oleh: apt. Trisna Puspita Sari, S.Farm

A. Seperti Apasih Wanita Berbisnis itu?

Sebelum membahas apa maksud wanita berbisnis kita musti tahu apa sih bisnis itu? Kalau ingin memulai bisnis hal utama apa yang harus dilakukan? Nah keluarga sipp, kira-kira niat berbisnis untuk apa sih? Jika ini kita tanyakan ke diri kita, maka jawabannya musti karena Allah Swt., dan berbekali dengan meneladani Rasul dan Ibunda Khadijah dalam berbisnis. Berbisnis bukan hanya menambah pendapatan saja, walaupun memang dari bisnis akan mendapatkannya, ada sebagian orang yang melakukan bisnis karena hobby atau sekedar mengisi waktu luang ataupun healling terhadap aktivitas yang telah dilakukan.

B. Gimana Cara Improve Skill dalam Bisnis Terkhusus Momprenuer?

  1. Mau jadi gelas kosong, ada saatnya mungkin kita merasa mampu, merasa bisa, akan tetapi jika kita ingin improve kita harus menjadi gelas kosong terlebih dahulu/ mau belajar lagi tentang skill-skill baik yang sudah kita punya maupun belum. Karena skill-skill itu lambat laun akan ada terus pembaharuan-pembaharuan.
  2. Konsisten, dalam berbisnis tentu biasanya orang tidak langsung sukses, pasti ada jatuh bangunnya, dan nggak ada yang langsung beli juga. Maka kita harus konsisten dulu menanamnya (promosi).
  3. Kolaborasi, sekarang zamannya kolaborasi. Dari pemikiran-pemikiran, ide-ide kolaborasi orang-orang ada di sekitar baik yang mempunyai produk sama ataupun beda. Ataupun sesederhana pembentukkan tim, misalnya ada yang jago masak tapi sulit dibagian marketing, atau ada yang oke banget di bidang marketing cuman belum ada produk, maka inilah pentingnya kolaborasi. Tips untuk kolaborasi adalah jangan pernah malu untuk meminta pertolongan, karena kita sebagai hamba-Nya telah diberikan kemampuan yang berbeda-beda.
  4. Mau berbagi, apabila kita mempunyai ilmu yang dianggap lebih dan mampu maka kita harus bisa membagi ilmunya. Mungkin saja dengan membagi ilmu, bisnis kita makin barokah. (ref)

*Mompreneur