Padang, sippfm.com- Pada pelaksanaan hari raya kurban 1441 Hijriyah, Kota Padang menyembelih 7.053 hewan kurban. Jenis hewan yang paling banyak dikurbankan yakni sapi sebanyak 6000 ribu ekor lebih. Sedangkan kambing sebanyak 800 ekor lebih.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat, Jum’at (31/72020). Angka tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, salah satunya karena sampak pandemi Covid-19.

“Ya, untuk tahun ini sebanyak 7.053 hewan dikurbankan,” terang Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Padang.

Berkurangnya jumlah pekurban pada Idul Adha tahun ini menjadi sorotan pemerintah Kota Padang. Bahkan ada rumah ibadah di Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah yang dilaporkan tidak melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada tahun ini.

“Pak Walikota akan mengusahakan agar dilaksanakan pemotongan hewan kurban di masjid tersebut sehingga rasa saling berbagi di tengah masyarakat pada masa pandemi Covid-19 ini tetap terawat,” timpal Syahrial. (*)