PADANG, sippfm.com- Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sumbar Fakhrizal-Genius Umar (FaGe) mampu menarik perhatian publik dalam debat calon gubernur dan calon wakil gubernur yang digelar KPU Sumbar, Senin (23/11/2020).

Saat ditanya terkait fenomena munculnya tambang illegal, yang di satu sisi mengancam kelestarian lingkungan, sementara di sisi lain berkaitan dengan mata pencaharian masyarakat, pasangan Fage menjawabnya dengan sebuah solusi yang tidak mengorbankan aturan dan berpihak terhadap rakyat.

“Pengalaman saya sebagai Kapolda dulu, ada bupati dan tokoh masyarakat yang melporkan keadaan itu. Mereka hidup dari menambang dan kayu rakyat, ini kebijaksanaan Kapolda, yang penting tidak merusak lingkungan. Kita sebagai pemerintah carikan solusi hidup mereka,” ungkap Fakhrizal.

Menurut mantan Kapolda Sumbar tersebut, harus dilakukan musyawarah dan duduk bersama dengan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, tokoh adat dan pihak berwajib.

“Kita harus duduk bersama. Ini menyangkut hajat hidup mereka,” ujarnya.

Fakhrizal menyebutkan perlunya solusi untuk kesejahteraan masyarakat, terutama pelaku usaha kecil dan menengahketersediaan lapangan kerja bagigenerasi muda, dan upaya pemulihan perekonomian. (*)