Padang, sippfm.com- Mengingat meningkatnya grafik angka positif Covid-19 di Kota Padang, Baznas Kota Padang bersama Pemerintah Kota Padang terus melakukan upaya untuk mencegah penyebaran pandemi tersebut. Di antaranya dengan membagikan tempat cuci tangan untuk masjid-masjid yang ada di setiap kelurahan di Kota Padang, yang dilakukan secara simbolik di halaman Kantor Camat Koto Tangah, Senin (31/8). Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di masa New Normal.

Wakil Ketua BAZNAS Kota Padang Siril Firdaus mengatakan, alat cuci tangan yang dibagikan BAZNAS Kota Padang kali ini berbeda dengan sebelumnya. Alat yang dibagikan didesain dengan meminimalisir sentuhan tangan dalam penggunaannya.

“Untuk mengambil sabun tidak perlu dipencet, untuk mengalirkan air juga tidak perlu memutar keran air, Cukup menginjak pedal dengan kaki sehingga semakin meminimalisir menyentuh benda-benda yang menjadi media penyebaran COVID-19,” ujar Siril Firdaus dalam keterangannya.

Adapun terkait teknis penyaluran, Siril menyebutkan bahwa sebanyak 104 unit alat cuci tangan akan disalurkan oleh DMI Kota Padang yang akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan akan ditempatkan disatu masjid perkelurahan yang ada dikota Padang.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari Walikota Padang, Mahyeldi. Ia memuji kinerja BAZNAS Kota Padang dalam masa Pandemi maupun New Normal ini.
“Pemerintah Kota Padang sangat terbantu oleh BAZNAS Kota Padang apalagi ditengah kondisi Covid ini. Kita tahu BAZNAS juga telah membagikan sembako bantuan Covid pada bulan Ramadhan yang lalu, dan hari ini BAZNAS juga akan bagikan 104 unit alat cuci tangan,” ungkapnya.
Walikota Padang yang sudah menjabat di periode kedua tersebut juga meminta masyarakat  agar selalu memperhatikan protokol kesehatan karena kondisi Covid yang sampai hari ini belum melandai. Mahyeldi juga menghimbau agar masyarakat menggunakan sarana dan prasarana yang ada, seperti alat cuci tangan yang telah disiapkan dengan sebaik-baiknya. (*)