Padang, sippfm.com,-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Al Amin mengatakan mulai 1 Januari 2018 akan diberlakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) bagi warga yang membuang sampah sembarangan. Keputusan tersebut beranjak dari telah dikeluarkannya peraturan daerah tentang sampah.

“Sesuai dengan perda sampah yang sudah ada, kita akan melakukan OTT bagi warga yang membuang sampah sembarangan tempat. Semua stakeholder yang terkait seperti petugas DLH dan relawan kebersihan berhak melakukan pengawasan dan pemantauan termasuk menangkap langsung tersangka yang melanggar aturan tersebut,” ujarnya

Al Amin menjelaskan, bagi tersangka yang tertangkap tangan membuang sampah akan dipublikasikan di media sosial. Baik itu media online, media cetak maupun elektronik ataupun dipampangkan di banner selama satu minggu supaya bisa dilihat oleh banyak orang.

“Tindakan tegas tersebut perlu dilakukan supaya warga Kota Padang lainnya berfikir untuk tidak melanggar aturan dan lebih mencintai kebersihan,” tambahnya.

Sumber: Harian Haluan