AGAM, sippfm.com- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Drs. H. Marjanis, M.Pd., hadiri rapat penyusunan AD/ART Majelis Kerjasama Pondok Pesantren (MKKP) Kab. Agam, Rabu (13/10/2021). Kegiatan yang berlangsung di Indomal, Banuhampu, Agam ini diikuti oleh Tim 9 yang telah dibentuk dalam halaqah MKPP Agam di MTI Pasia Rabu, 6 Oktober lalu. Tim ini betugas menyusun AD/ART MKPP yang sejak terbentuknya pada tahun 2009 belum memiliki AD/ART.

Marjanis dalam kesempatan tersebut memberikan beberapa arahan dan masukan dalam penyusunan AD/ART yang tengah dilangsungkan. Diantaranya, Marjanis mengingatkan pentingnya keselarasan antara yayasan dan pimpinan dalam mengelola pesantren, sehingga kedudukan yayasan dan pimpinan perlu dijelaskan di dalam AD/ART. Kemudian perlu adanya advokasi pesantren sebagai antisipasi kriminalisasi terhadap pesantren, dan pentingnya mewaspadai masuknya pihak ketiga yang tidak jelas tujuannya.

“Masukkan dalam AD/ART pasal yang mengantisipasi masuknya pihak yang berkepentingan lain, setelah suatu pesantren mulai besar. Sebab banyak kasus apabila pesantren sudah besar ada pihak yang ingin menguasai dan kemudian menyingkirkan orang yang berjuang. Dan tak kalah penting, masukkan prinsip ahlussunah waljamaah ke dalam AD/ART supaya tidak disusupi paham- palam yang lain,” papar Marjanis.

Selain itu ia juga mengingatkan urgensi danya dana abadi yang menjamin keberlangsungan hidupnya pesantren.

“Dana abadi tersebut bisa berupa investasi produktif, contohnya kebun kelapa sawit seperti yang terlaksana di pesantren yang ada di Solok,” timpalnya lebih lanjut.

Rapat penyusunan AD/ART MKPP ini berlangsung dengan lancar alam suasana kekeluargaan. Dalam hal ini MKPP sebelumnya telah menyelenggarakan rapat sebanyak 3 kali. Rapat pertama diselenggaran di Kafe Indomal, Simpang Taluak Banuhampu, Sabtu, 9 Oktober 2021, dan rapat lanjutan di Meliya Home Stay, Lambah Harau.

Rapat ke tiga ini diselenggarakan selama dua hari, 12 dan 13 Oktober 2021, dihadiri oleh tim 9 dan didampingi oleh Kakankemenag Agam, Marjanis, yang juga merupakan pembina MKPP. Tim 9 yang bertugas menuntaskan AD/ART MKPP selama dua hari ini terdiri dari  beberapa orang unsur pimpinan pesantren dan Kasi PDPP, yaitu H. Yunaldi, S. Ag. M.Pd selaku Kasi PDPP Agam, Marva Edison, S. Ag  ( PP Nur Abdullah Koto Baru Salo), Marwan Abbas, S. Pd. (PP Darul Makmur Baso), Harmen, Lc., M.A.(Ponpes Diniyah Limo Jurai Sungai Pua), Akmal Hadi, S.HI, (Pesantren Ashabul Yamin  Lasi Tuo), Utama Wardi, S.(PP Tahfizh Mualimin Sawah Dangka) Ag., M.H., Didit Nurul Handi, S. SI.( PP Al Irsyad Boarding School  Bulaan Kamba, Daroji, S. Pd.( PP MTI Gobah), dan Ilham Afriadi, S.HI, ( PP MTI Kapau).