Padang, sippfm.com – Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang kembali dibuka untuk pelaksanaan shalat Jum’at dan shalat berjamaah, mulai Jum’at (5/6/2020), setelah sekian lama ditutup akibat pandemi Covid-19.  hal itu disampaikan oleh Ketua Harian Masjid Agung Nurul Iman, Jum’at (5/6/2020).

“Masjid kita buka kembali hari ini. Dan yang akan bertindak sebagai khatib langsung Bapak Walikota, Mahyeldi ,” ungkap Mulyadi Muslim

Karena masih dalam situasi pandemi yang belum usai, pengurus memberlakukan protokol Covid-19 bagi jamaah yang akan melaksanakan ibadah di masjid kebanggaan Kota Padang tersebut, termasuk juga dalam pelaksaan ibadah.

“Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan ditaati oleh jamaah yang akan salat di Masjid Agung Nurul Iman. Diantaranya wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jamaah akan dicek suhu tubuh ketika memasuki gerbang masjid. Jamaah yang sakit, dan dalam kondisi tidak sehat diharapkan tidak memaksakan diri untuk ikut salat berjamaah,” terang Mulyadi Muslim

Lebih lanjut Mulyadi yang juga merupakan Sekretaris Umum MUI Kota Padang tersebut meminta agar diterapkannya physical distancing, jamaah sudah berwudhu dari rumah atau kantor masing-masing, eralatan shalat seperti sajadah dan mukena harus dibawa dari rumah.

“Tetap patuhi aturan physical distancing dalam pelaksanaan ibadah, shaf salat akan diberi tanda agar shaf tidak miring dan sesuai standar protokol kesehatan,” jelasnya lagi.

Sejak 27 Maret 2020 pengurus memutuskan peniadaan pelaksanaan shalat Jum’at dan shalat berjamaah guna mengantisipasi meluasnya penyebaran wabah Covid-19. Kebijakan tersebut mengacu kepada keputusan Pemko Padang, Forkopimda, MUI, DMI, Kemenag, dan FKUB Kota Padang, tentang upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Padang.(*)