Lubeg|sippfm.com Kebakaran yang terjadi pada Ahad (25/3) pagi ludeskan sebuah pangkalan minyak dan satu rumah warga di Kecamatan Lubeg, Minggu (25/3). Menurut pengakuan warga setempat kebakaran terjadi akibat percikan api dari mesin genset dan ledakan tangki minyak milik warga Perumahan Marinir, Banuaran itu. Akibatnya api menyebar ke rumah warga perumahan Jala Utama kelurahan Parak Laweh persis di depan pangkalan tersebut. Beruntung 8 unit pemadam kebakaran segera datang sehingga api bisa dijinakkan dan tidak menyebar lebih luas. Namun sebuah rumah beserta 1 unit mobil dan 2 sepeda motor milik warga Jala Utama ludes dan 3 rumah lainnya mengalami rusak ringan.

Mengetahui hal ini Walikota Padang non aktif, Mahyeldi langsung meninjau lokasi pada Senin (26/3). Ia mendengarkan langsung pengakuan warga dan saksi mata serta mencari tahu sebab dan kerugian akibat peristiwa ini. Ia mengaku turut berduka atas musibah ini. Karena masih berstatus cuti kampanye ia tidak dobolehkan memberikan bantuan materi.

Namun ia mengimbau pihak terkait untuk cepat tanggap terkait hal ini. Pemerintah, dinas sosial dan BPBD yang sudah mengetahui SOP diminta segera melakukan penanganan. Ia juga meminta ketua RT/RW dan Lurah yang bersinggungan langsung dengan warga setempa proaktif mendata dan mendokumentasikan, supaya ini menjadi bahan dalam penyelesaian kasus ini.

Ia juga menghimbau seluruh warga untuk waspada dengan lingkungan, terutama berkaitan dengan aktifitas-aktifitas dan usaha yang akan menimbulkan efek bagi masyatakat dan lingkungan.Kegiatan usaha atau sejenisnya harus diketahui oleh masyarakat dan mendapatkan izin dari pihak terkait, guna mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan. (Chan)