PADANG sippfm.com– Pada Sabtu, 17 Agustus 2024, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 tingkat provinsi di Halaman Istana Gubernuran. Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menekankan pentingnya memperkokoh persatuan dan kesatuan sebagai langkah strategis menyongsong Indonesia Emas.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh jajaran Forkopimda Sumbar dan Kepala OPD Pemprov Sumbar. Usai upacara, mereka menyaksikan secara daring Upacara Pengibaran Bendera dan Detik-Detik Proklamasi yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN).

Rangkaian upacara dimulai dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi, diikuti pembacaan doa oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, serta Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Gubernur Mahyeldi. Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh Paskibraka Provinsi Sumbar, dengan Gubernur Mahyeldi bertindak selaku Inspektur Upacara.

Gubernur Mahyeldi menggarisbawahi, “Momen kemerdekaan ini harus kita manfaatkan untuk memperkuat semangat persatuan dan kesatuan serta memperdalam pemahaman kita terhadap Pancasila dan UUD 1945.” Ia menambahkan bahwa persatuan sangat penting dalam mempersiapkan Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Selain upacara, Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Djoinaldy menyerahkan penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lencana Setia kepada ASN Pemprov Sumbar serta penghargaan ASN berprestasi tahun 2023. Mereka juga menerima dividen tahun 2023 dari Bank Pembangunan Daerah (BPD)/Bank Nagari sebesar Rp117.919.220.213, CSR untuk pendidikan senilai Rp160 juta, dan bantuan untuk Palestina sebesar Rp121 juta.

Upacara dihadiri oleh berbagai unsur Forkopimda Sumbar, Sekda Sumbar Hansastri, Kepala Instansi Vertikal dan OPD di lingkup Pemprov Sumbar, Pimpinan BUMN dan BUMD perwakilan Sumbar, serta tokoh masyarakat dan pemuda.

Komandan Upacara adalah Kepala Dinas Logistik Lanud Sutan Sjahrir, Letkol Kal Dody Yuliansyah, dan Perwira Upacara adalah Kaurpamtubuh Intel Lanud Sutan Sjahrir, Kapten Sus Amril. (Adv)