Padang, sippfm.com – Ratusan siswa SD Quran (SD-Qu) Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Padang, mengikuti simulasi mitigasi bencana gempa bumi, Jumat (6/9/2024).

Ketua Tim Siaga Mitigasi Bencana SD-Qu PIAR, Ustaz Aleg Ferry Chandra, S.Pd.I., mengatakan simulasi bertujuan melatih kesiapsiagaan siswa.

“Simulasinya, baik sebelum bencana terjadi, saat gempa, maupun setelah bencana terjadi, apa yang harus dilakukan siswa,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, gempa disimulasikan terjadi pada pagi hari saat siswa belajar di kelas. Kemudian, ketika gempa terjadi, bel berbunyi selama dua menit.

Setelah itu, guru yang sedang mengajar mengarahkan siswa berlindung di bawah meja hingga gempa berhenti. Hal tersebut ditandai dengan bel berhenti berbunyi.

Setelah bel berhenti berbunyi, guru yang sedang mengajar di kelas mengarahkan siswa keluar dengan membawa tas sebagai pelindung kepala menuju lapangan sebagai titik kumpul evakuasi.

“Alhamdulillah. Siswa dengan didampingi guru antusias mengikuti kegiatan ini. Dengan kegiatan ini, siswa diharapkan tidak panik, dan tahu apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi,” ungkapnya.

“Semoga dengan simulasi ini, siswa bisa siap siaga ketika gempa terjadi. Kegiatan ini rencananya kita rutinkan tiga kali dalam setahun semoga siswa lebih siap lagi,” imbuh Ustaz Andre.

Ia menerangkan dalam mitigasi tersebut pihaknya bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang. Pihaknya dipantau langsung oleh instansi tersebut. (fru)