Padang, sippfm.com – Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Ar Risalah Sumatera Barat (Sumbar), Kota Padang, menggelar pelatihan calon pengawas koperasi syariah, Jumat-Rabu (5-10/7/2024). Kegiatan tersebut dalam rangka mendorong konversi koperasi konvensional di Sumbar menjadi koperasi syariah.

Pelatihan ini digelar STEI Ar Risalah Sumbar berkerja sama dengan berbagai pihak antara lain YWAR, Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar Risalah, dan lembaga wakaf milik Aisyah Al Khateeb yang merupakan keturunan dari ulama Indonesia asal Minangkabau, Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi.

Pada acara pembukaan pelatihan tersebut di Aula YWAR, Kota Padang, Jumat (5/7/2024), hadir beberapa cucu dan cicit dari Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, yaitu Dr. Mujahid Al Khateeb, Dr. Mo’tashem Al Khateeb, dan Dr. Khalid Bahjat.

Kemudian, hadir juga Plh Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar Bapak H. Benny Wahyuni, S.T., M.Si.. Selain itu, hadir juga Ketua YWAR Ustaz H. Arwin Al Ibrahimi, Lc., M.A., Ketua Pendidikan Tinggi YWAR, Ustaz H. Mulyadi Muslim, Lc., M.A., dan Pjs BPW Ar Risalah Ustaz H. Rahimul Amin, Lc. M.A..

Ketua Pendidikan Tinggi YWAR, Ustaz Mulyadi menyampaikan pelatihan ini digelar sebagai wujud komitmen STEI Ar Risalah Sumbar dalam mendorong konversi koperasi konvensional di Sumbar menjadi koperasi syariah. Peserta pelatihan ini berjumlah 15 orang terdiri atas guru pendidikan agama Islam (PAI) dan dosen.

Guru PAI berasal dari berbagai SMA/SMK/sederajat di Sumatera, seperti Padang dan Pasaman. Sementara, dosen berasal dari STEI Ar Risalah Sumbar.

Ustaz Mulyadi menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk membentuk calon pengawas koperasi syariah yang berkualitas. Hal tersebut karena pengawas koperasi syariah sangat dibutuhkan dalam mewujudkan konversi koperasi konvensional menjadi syariah.

“Latar belakang kegiatan ini berangkat dari diskusi beberapa tahun lalu antara Pak Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dengan kepala sekolah-kepala sekolah, yang menginginkan konversi koperasi konvensional di sekolah mereka menjadi koperasi syariah,” sebutnya.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan dukungan dana untuk menggelar pelatihan ini dari lembaga wakaf Aisyah Al Khateeb setelah salah seorang cucu dari Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, berkunjung ke Ar Risalah pada November tahun lalu. Selain kegiatan ini, kita juga menggelar pelatihan dai mulai Minggu (30/6/2024) sampai Jumat (5/7/2024) ini,” imbuh Ustaz Mulyadi.

Ketua YWAR, Ustaz Arwin mengucapkan selamat datang kepada cucu cicit Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, yang merupakan perwakilan dari lembaga wakaf Aisyah Al Khateeb. Ia mengucapkan terima kasih kepada mereka atas dukungan dana untuk penyelenggaraan pelatihan dai dan calon pengawas koperasi syariah.

Selain menghadiri acara pembukan pelatihan calon dewan pengawas koperasi syariah, mereka juga memberikan kuliah umum di Perguruan Islam Ar Risalah, sekolah berbasis agama Islam yang dinaungi oleh YWAR. Ustaz Arwin berharap kerja sama ini bisa berlanjut dalam bentuk kegiatan lainnya.

Salah seorang cicit Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Dr. Mujahid mengucapkan terima kasih kepada YWAR yang telah membantu menyukseskan penyelenggaraan pelatihan ini. Ia menjelaskan Aisyah Al Khateeb merupakan seorang sarjana agama lulusan Universitas King Abdul Aziz, Jedah, Arab Saudi.

Dr. Mujahid menjelaskan dirinya merupakan perwakilan lembaga wakaf milik Aisyah Al Khateeb yang merupakan bibinya tersebut. Ia bahagia bisa menghadiri kegiatan ini. Pada kesempatan itu, ia menekankan setiap dai penting untuk menguasai bahasa asing untuk memperluas dakwah. (fru)