Padang, sippfm.com – Dua proposal riset ilmiah dari siswa MAS Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, masuk ke top 120 kompetisi Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) 2024 yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAS PIAR, Ustazah Ratna Sari, M.Pd., bersyukur atas capaian prestasi tersebut. “Ini membanggakan sekali. Dua proposal riset ilmiah dari siswa kita berhasil lolos MYRES 2024,” ujarnya, Jumat (5/7/2024).

Dua proposal tersebut lolos untuk dua kategori berbeda, yaitu bidang ilmu agama Islam, dan bidang ilmu sosial dan humaniora. Proposal diajukan dua tim, terdiri atas siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja MAS PIAR.

Atas capaian itu, Ustazah Ratna mengucapkan terima kasih kepada siswa yang telah berhasil mengharumkan nama sekolah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada dedikasi guru pembimbing dan dukungan orang tua sehingga siswa bisa meraih prestasi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ustaz Muhammad Khairul Jawad, S.Pd., yang merupakan guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja MAS PIAR. Ia berharap prestasi ini dapat memotivasi siswa agar giat belajar dan terus berprestasi ke tingkat selanjutnya.

Ia juga berharap prestasi ini juga bisa memotivasi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang penelitian, serta menjadi inspirasi bagi siswa lainnya. “Tetaplah rendah hati, teruslah belajar, dan jangan pernah berhenti mewujudkan mimpi,” ungkapnya.

Adapun dua karya riset ilmiah yang masuk dalam top 120 MYRES 2024 tersebut yaitu, pertama, bidang ilmu agama Islam, atas nama Harvani
Mahira Fathoni dan Nadia Halima Ramadhani dengan judul “Proposal berjudul Optimalisasi Wakaf Uang
untuk Membangun
Industri Halal di Sumatera Barat: Potensi dan Tantangan Industri
Halal”.

Kemudian, bidang ilmu sosial dan humaniora, atas nama Anisah Salwa dan Mentari
Adlysia
Fairuz dengan judul “A-Disegral (Anti-Disaster Game and Learning): Mitigasi Struktural Konsep Aglomerasi Keruangan Siaga Bencana Galodo Sumatera Barat”. (fru)