Padang, sippfm.com – Siswa kelas VI SD Quran Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, mengikuti tradisi baarak dan makan bajamba, Sabtu (24/2/2024).

Ini merupakan bagian dari pelaksanaan ujian praktik
mata pelajaran Keminangkabauan di SD tersebut. Tujuannya agar siswa bisa lebih paham dengan adat Minangkabau, khususnya pada tradisi baarak dan makan bajamba.

Pada kegiatan itu, siswa mengenakan pakaian adat Minang, yakni baju kuruang bagi perempuan dan baju taluak balango bagi laki-laki.

Dengan ditemani guru, mereka lalu diarak berkeliling ke jalan dekat sekolah. Bunyi musik tradisional Minang, seperti gendang dan talempong, pun membahana.

Tak ayal, pawai budaya ini pun menjadi perhatian warga. Setelah itu, para siswa kembali ke sekolah untuk melaksanakan makan bajamba, yakni makan bersama-sama.

Kepala SD-Qu PIAR, Ustaz Marjoni, S.Pd.I., M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar pihak sekolah tiap tahunnya.

“Alhamdulillah, Ananda semua bisa memahami ternyata budaya Minangkabau itu indah dan unik. Yang kita laksanakan ini baru sebagian kecil dari budaya Minangkabau,” ujarnya.

“Lewat kegiatan ini, siswa diharapkan bisa menggali lebih lanjut tentang budaya Minangkabau,” imbuhnya. [fru]