Sebanyak 140 siswi Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, mengikuti kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) dan Gladian Pimpinan Sangga (Dianpinsa).

Rinciannya, Dianpinru diikuti 90 pimpinan regu Penggalang putri yang juga merupakan siswi SMP Putri PIAR, dan Dianpinsa diikuti 50 Pramuka Penegak putri yang juga merupakan siswi MAS PIAR.

Kegiatan berlangsung selama empat hari, yakni Jumat-Sabtu (13-14/10/2023) dan Rabu-Kamis (25-26/10/2023).

Pada dua hari pertama, kegiatannya berupa pemberian materi seputar kepramukaan, berlangsung di PIAR.

Kemudian, pada dua hari terakhir, kegiatannya yaitu kemah di Tiger Camp, Lubuk Minturun, Koto Tangah, Padang.

Upacara pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Gedung MAS PIAR putri, Jumat (13/10/2023) pagi. Inspektur upacaranya yaitu Kepala MAS PIAR, Ustaz H. Aslam Hadi, Lc..

Ia dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Pramuka Penggalang dan Penegak putri yang terampil dan berprestasi.

Ia berharap, lewat kegiatan tersebut, para siswi bisa menjadi pribadi yang lebih baik. “Hal tersebut karena Pramuka bisa melatih kemandirian,” ujarnya.

Ustaz Aslam juga menyampaikan bahwa Pramuka bisa melatih jiwa kepemimpinan para siswi. Oleh karena itu, ia berharap para siswi mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlangsung lancar. Kita pun bersyukur lembaga kita ini sangat mendukung pengembangan kegiatan Pramuka untuk siswa dan siswi,” sebutnya. (*)