PADANG, sippfm.com,- Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padang, Andree Algamar mengimbau warga Kota Padang untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Hal tersebut diungkapkannya jelang peringatan 14 tahun terjadinya gempa 30 September 2009.

“Gempa yang mengguncang Kota Padang 2009 lalu, banyak pelajaran dan hikmah yang bisa diambil. Bahwasanya kita harus meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” ujarnya dalam keterangan tertulis Diskominfo Padang, Senin (11/9/2023).

Ia mengatakan bahwa dalam memperingati 14 tahun terjadinya gempa Padang tersebut, pihaknya menggelar upacara.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga sudah mempersiapkan perlombaan video kesiapsiagaan, mars tangguh, dan penghargaan bagi insan kebencanaan,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika tidak ada halangan, pihaknya juga bakal menggelar seminar terkait kesiapsiagaan dan ancaman kebencanaan.

“Jadi, bagaimana kita memaknai dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang bisa terjadi kapan saja. Bagaimana masyarakat dapat membekali dirinya untuk lebih waspada dan siap menghadapi bencana,” sebutnya. (*)