PARIAMAN- sippfm.com- Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyerahkan secara simbolis bantuan alat dan mesin pertanian, berupa mesin perontok padi (power thresher) dan mesin perontok Jagung (corn sheller) di Desa Sikapak Timur, Kota Pariaman pada Senin (26/12).

Dalam sambutannya gubernur menyampaikan, sepanjang tahun 2022, setidaknya sekitar 2.450 jenis alat dan mesin pertanian, baik untuk pra panen dan pasca panen, telah disediakan dan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani penerima yang ada di Sumatera Barat. Dengan harapan budidaya dan pengolahan hasil pertanian dapat dilakukan oleh petani dengan lebih efisien dan efektif.

“Keberadaan alat dan mesin pertanian ini dapat mengurangi biaya operasional petani dan meningkatkan nilai tambah produk pertanian. Dan tentunya, kita harapkan pendapatan petani juga akan meningkat,” ujarnya.

Beliau juga berharap alat dan mesin pertanian yang ada dapat digunakan secara maksimal, dengan memperkuat aturan-aturan dan prosedur penggunaan alat dan mesin pertanian  sebagai aset kelompok tani.

“Buatlah pembagian peran yang adil bagi para anggota kelompok dalam penggunaan dan pemeliharaan alat dan mesin pertanian tersebut. Jadikanlah alat dan mesin pertanian yang diterima dari pemerintah ini sebagai alat kebersamaan mencapai tujuan berkelompok,” ujar Buya Mahyeldi.

Dinas Kominfotik Sumbar