PADANG, sippfm.com- Sembilan desa wisata dari tujuh kabupaten/kota di Sumbar berhasil masuk 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Sebelumnya, ada 32 desa wisata di Sumbar yang masuk 300 besar ADWI 2021.

Kabupaten/kota yang desa wisatanya masuk 100 besar tersebut yaitu Agam, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Padang Panjang, Sijunjung, Bukittinggi dan Pariaman. Dari Agam, ada Desa Wisata Lawang dan Desa Wisata Sungai Batang. Limapuluh Kota ada Desa Wisata Nagari Wisata Kapalo Banda Taram dan Desa Wisata Saribu Gonjong.

Kemudian, Tanah Datar ada Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu. Padang Panjang diwakili oleh Desa Wisata Kubu Gadang.

Selanjutnya, Desa Wisata Silokek (Sijunjung), Desa Wisata Sanjai (Bukittinggi) dan Desa Wisata Apar (Pariaman).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sebelumnya sudah diumumkan 300 besar desa wisata ADWI 2021 berdasarkan penilaian dewan kurator.

Penilaian tersebut terangnya, terhadap tujuh kategori, klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website jadesta.com. Ia mengharapkan, melalui ADWI, akan disusun rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia oleh Kemenparekraf.

Hal ini terang Sandiaga, untuk mewujudkan desa wisata yang berdaya saing, berkelanjutan dan berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit.

Sebelumnya, ada 32 desa wisata di Sumbar masuk 300 besar ADWI 2021. Ke-32 desa wisata itu berada di 13 kabupaten/kota di Sumbar. Saat ini, di 100 besar, hanya ada sembilan desa saja dari Sumbar yang masuk ADWI 2021. (*)