Menu

Tugu Muhammad Sharif Yang Tak Terawat

  Dibaca : 104 kali
Tugu Muhammad Sharif Yang Tak Terawat

Padang | sippfm.com–  Tugu yang nampak tidak terawat dan terlupa itu, ternyata banyak yang tidak diketahui oleh warga Kota Padang. Banyak warga bertanya, siapa sebenarnya sosok pahlawan di balik replika patung tersebut.

Pantauan POSMETRO, Kamis (8/8), monumen tugu pahlawan itu tampak tidak terawat, lusuh dan terabaikan oleh pihak terkait termasuk orang sekitarannya. Ditambah kondisi tempat tugu yang sempit dan kurang terbuka membuat monumen ini tertutup. Apalagi, banyaknya pedagang kaki lima (PKL) berjualan di depan tugu.

Jika dilihat lebih dekat, banyak arti dari ukiran gambar yang ada di tugu tersebut. Tergambar seorang pahlawan yang diikat menggunakan rantai di tangannya menghadap ke belakang. Pahlawan itu, dan ditemani oleh ukiran gambar anak-anak.

Namun sayang siapa mereka dan patung itu menggambarkan kondisi seperti apa, tidak ada penjelasan. Namun dari wawancara POSMETRO dengan salah seorang warga setempat, Nusirwan (68), tugu itu adalah tugu pahlawan Muhammad Sharif, Pahlawan Padang dari Koto Marapak.

Sebelumnya, lokasi itu adalah sebuah terminal angkutan umum. Dulu tugu itu terlihat jelas di jalan dan sangat indah terawat. Setelah terminal pindah, tugu itu pun mulai tidak terawat dan terabaikan.

“Tugu Pahlawan Muhammad Sharif adalah pahlawan Padang Koto Marapak. Sekarang sudah mulai banyak yang tidak tahu keberadaannya. karena kondisinya sudah tertutupi pedagang dan jauh dari jalan. Seharusnya, pemerintah harus merawat kembali monumen bersejarah itu,” jelasnya.

Rena Juwita (30), pengunjung di Plaza Andalas, mengaku baru tahu kalau ada tugu pejuang. Pasalnya, tugu tersebut tidak terlalu terlihat, sudah tertutup dengan lapak-lapak pedagang.

Pengunjung PA lainnya, Ema (38) mengatakan, awalnya ia tidak mengetahui keberadaan tugu tersebut. Ia baru sadar ada tugu pahlawan, ketika memarkir sepeda motornya di dekat tugu tersebut.

“Sepertinya tugu itu tidak terawat, lihat saja dindingnya sudah kotor dan hitam. Letaknya pun tak terlihat lagi,” sebut Ema. (e)

Sumber: posmetropadang.co.id

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!


Streaming Provider by :
KLIKHOST.com

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional