Menu

PSB Daring Tingkat SMP Padang Dimulai 15 Juni 2017

  Dibaca : 186 kali
PSB Daring Tingkat SMP Padang Dimulai 15 Juni 2017

Padang, sippfm.com-Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PSB) dalam jaringan (daring) tahun ajaran 2017/2018 untuk tingkat SMP negeri di Kota Padang, Sumatera Barat akan mulai dilaksanakan pada 15 hingga 17 Juni 2017.

Kepala Dinas Pendidikan setempat, Barlius di Padang, Selasa, mengatakan sebelum pendaftaran, akan dilaksanakan pra pendaftaran PSB daring bagi siswa dengan paket A, tamatan sebelum tahun 2017 atau berasal dari luar Kota Padang yang dimulai pada 12 hingga 17 Juni 2017.

“Pelaksanaan PSB daring tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, dengan didahului sosialisasi kepada pihak sekolah,” katanya.

Ia menjelaskan terdapat 40 SMP negeri di daerah itu yang akan melaksanakan PSB daring, sedangkan seleksi dilaksanakan berdasarkan nilai rata-rata tertinggi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dimiliki calon siswa sesuai dengan teknis rayonisasi.

Kemudian lanjutnya teknis rayonisasi PSB daring tersebut adalah 70 persen kuota disediakan bagi calon siswa yang berasal dari dalam rayon, sedangkan 30 persen bagi siswa yang berasal dari luar rayon.

“Calon siswa baru yang berasal dari luar Kota Padang tetap mendapatkan kuota sebanyak tiga persen dari daya tampung dengan nilai rata-rata mata pelajaran yang diseleksi harus lebih besar dari nilai rata-rata terendah calon siswa yang diterima dari Kota Padang,” ujarnya.

Setiap calon siswa yang mendaftar ke SMP negeri, katanya dapat memilih maksimal tiga sekolah tujuan yang berbeda di Kota Padang, yaitu satu pilihan wajib dalam rayon dan satu pilihan sekolah bebas rayon.

“Sekolah yang dibebaskan dari rayon adalah SMPN 1 Padang dan SMPN 8 Padang,” kata dia.

Ia berharap calon siswa baru dapat mendaftar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan tidak mengulu-ulur waktu pendaftaran, hal itu agar calon siswa dapat mengikuti seleksi dengan baik.

Terkait biaya pendaftaran PSB SMP negeri di daerah itu, Ia mengatakan dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang, sehingga tidak ada pungutan biaya dalam bentuk apapun selama pelaksanaan PSB berlangsung.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Padang, Surya Jufri berharap pihak sekolah dapat menjaga integritas dalam pelaksanaan PSB.

“Jangan sampai ada pilih kasih dalam PSB itu, siswa yang diterima harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh sekolah penyelenggara,” katanya.

Ia berharap orang tua dapat mengarahkan dan mendorong anaknya untuk segera melakukan pendaftaran PSB daring itu, sehingga tidak melewati dari batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan.

“Lalu, untuk calon siswa ikutilah dengan baik, jangan berharap adanya pihak-pihak yang dapat meluluskan dalam proses seleksi tersebut,” ujarnya. (*)

www.antarasumbar.com
SIPP FM
Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Loading the player...

PROGRAM

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional