Menu

Pers Diharapkan Mampu Kawal Hasil Pemilu

  Dibaca : 142 kali
Pers Diharapkan Mampu Kawal Hasil Pemilu

Padang | sippfm.com– Hiruk pikuk pemilihan umum legislatif dan presiden 2019 kini menyisakan pekerjaan rumah yang besar. Di antarnya adalah mengawal hasil pemilu dan pilpres agar berjalan sesuai yang diharapkan. Peran aktif pers dinilai sangat penting, mengingat industri media yang saat ini berkembang pesat.

Hal tersebut disampaikan oleh pakar ilmu komunikasi Universitas Andalas, Emeraldy Chatra, dihadapan para wartawan media Sumatera Barat dalam workshop yang dilaksanakan oleh Dewan Pers di Hotel Pangeran City, Kamis (8/8). Dalam workshop bertajuk Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pilpres Tahun 2019′ itu ia mengungkapkan besarnya harapan masyarakat agar pers mampu memberikan informasi sebagaimana diharapkan. Karena masyarakat berkepentingan dengan hasil pemilu.

“Pers berkewajiban untung mengawasi pemerintah dan legislatif, memastikan mereka bekerja untuk rakyat, sesuai janjinya. Lebih dari itu, pers selain berfungsi sebagai wadah informasi, juga memiliki peran pendidikan, hiburan, kontrol sosial, serta ikut memperjuangkan penegakan keadilan dan kebenaran,” papar dosen FISIP Unand tersebut.

Ia juga menyorot buruknya citra dunia jurnalistik belakangan, salah satunya karena persoalan independensi. Sehingga peran media sebagai pagar besi demokrasi tidak berjalan dengan maksimal. Namun ia tak memungkiri masih ada media yang kokoh menjaga netralitasnya dalam pemberitaan. (Mc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!


Streaming Provider by :
KLIKHOST.com

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional