Menu

Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H

  Dibaca : 26 kali
Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H

Padang|sippfm.com– Untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1440 Hijriyah, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Senin sore (3/6). Sidang tersebut akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sidang isbat juga dihadiri oleh tokoh organisasi masyarakat Islam, delegasi negara sahabat, ahli astronomi dan pihak terkait lainnya. Kegiatan tersebut diawali penjelasan secara terbuka tentang posisi hilal dari ahli astronomi, dilanjutkan shalat maghrib bersama, kemudian dilanjutkan lagi sidang tertutup dan pengumuman hasil sidang isbat.

Kegiatan sidang isbat itu diawali paparan secara terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh pakar astronomi. Kegiatan dilanjutkan dengan salat magrib kemudian dilakukan sidang tertutup. Setelah itu, hasil sidang isbat akan diumumkan dalam jumpa pers.
ebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan Kemenag menyebar para pemantau hilal di 105 titik di seluruh Indonesia.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan kementerian agama telah menyebar para pemantau hilal di 105 titik di seluruh Indonesia. Dan untuk menentukan 1 Syawal 1440 H, kemenag mengkombinasikan dua metode yaitu melalui perhitungan astronomi atau hisab untuk menentukan posisi pasti hilal. Kemudian setelah itu akan didapatkan prakiraan letak bulan baru dan dikonfirmasi dengan melihat hilal secara langsung atau rukyat. (Fatih)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!


Streaming Provider by :
KLIKHOST.com

PROGRAM

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional