Menu

Equinox, Masyarakat Tak Perlu Khawatir

  Dibaca : 213 kali
Equinox, Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Equinox merupakan fenomena alamiah yang terjadi dimana matahari melintasi  garis khatulistiwa dan secara periodik akan berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu 21-23 Maret dan 22-23 September.Fenomena ini membuat heboh di kalangan masyarakat, bersamaan dengan bergulirnya isu suhu udara akan naik hingga 40 derjat celsius.

Menanggapi hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa fenomena equinox tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena suhu udara maksimum yang terjadi berdasarkan data historis hanya 36 derjat celsius. Jadi tidak sama dengan fenomena Heatwave di Afrika dan Timur Tengah, yang mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dalam waktu yang sangat lama.

Namun demikian masyarakat tetap dihimbau agar menghindari kontak langsung dengan terik matahari dan tetap berada di dalam ruangan dalam rentang waktu jam 12.00 – 15.00, agar terhindar dari terik matahari yang menyengat dan suhu udara yang panas. Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk banyak mengkonsumsi air minum, sayuran dan buah agar terhindar dari dehidrasi dan penurunan stamina tubuh.(chan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Loading the player...

ig: @sippfm

PROGRAM

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional