Menu

Awal Agustus, Painan di Goncang Gempa

  Dibaca : 76 kali
Awal Agustus, Painan di Goncang Gempa

Painan|sippfm.com Mengawali bulan Agustus, Gempabumi tektonik 4,8 kembali mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, pukul 03.28 Wib. Gempa juga dirasakan cukup kuat di Kota Padang dan sekitarnya

Plt. Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang, Fajar Dwi Prasetyo, mengatakan Episenter gempa terletak pada koordinat 1.83 LS dan 100.40 BT, 55 Km Baratdaya Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada kedalaman 16 km.

Katanya, Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif mentawai. Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu penyesaran mendatar (strike slip fault). Mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sesar Mentawai yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 16 km di daerah tersebut. (RI)

Sumber: Minangkabaunews

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Loading the player...

PROGRAM

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional