Menu

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencoblos

  Dibaca : 157 kali
5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencoblos

Padang|sippfm.com Pilkada serentak 27 Juni mendatang akan diikuti oleh 171 daerah termasuk dalam 17 provinsi di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelum berpartisipasi dalam pesta demokrasi lokal terbesar, mari simak lima hal penting yang perlu kamu ketahui.

1. Pastikan namamu terdaftar di DPT
Jika kamu berhak untuk memberikan suara dalam Pilkada serentak 27 juni mendatang, pastikan nama kamu masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namamu di DPT akan dijadikan acuan untuk pembagian formulir C6 yang harus dibawa saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Formulir C6 harus disampaikan kepada pemilih terdaftar selambat-lambatnya satu hari sebelum hari pemungutan suara. Jika kamu belum terdaftar, kamu bisa langsung datang membawa KTP, atau identitas lain ke TPS yang sesuai dengan domisili kamu, satu jam sebelum pemungutan suara berakhir.

Kami sarankan kamu mengurus formulir C6 sebelum hari H untuk menghindari timbulnya masalah saat pencoblosan.

2. Datang tepat waktu

Rapat pemungutan suara akan dimulai pukul 07:00 pagi hingga pukul 12:00 siang waktu setempat. Calon pemilih yang belum terdaftar di DPT dapat mulai memberikan suaranya pada pukul 12:00 siang, sepanjang surat suara masih tersedia. Jika sudah habis, maka kamu akan diarahkan menuju TPS terdekat lainnya.

3. Kenali kandidatmu
Pastikan kamu sudah mengetahui siapa saja calon gubernur, bupati, atau wali kota yang kamu pilih. Akan lebih baik jika kamu sudah memastikan pilihan kamu sebelum berangkat ke TPS, dengan melihat latar belakang dan kualitas para kandidat.

4. Jangan sampai salah coblos

Setelah mengetahui siapa yang akan kamu pilih, pastikan kamu mencoblos surat suara dengan benar, agar suaramu sah. Kamu hanya boleh memilih satu pasang kandidat dan lubang harus berada di dalam kotak yang tersedia. Jika kamu masih bingung, periksa petunjuk pencoblosan surat suara di TPS.

5. Patuhi peraturan yang berlaku

Berpartisipasi dalam pesta demokrasi memang menyenangkan, tapi pastikan kamu tidak melanggar peraturan yang ada. Kamu tidak boleh menggunakan telepon genggam di bilik suara, termasuk untuk mengambil gambar surat suara atau selfie. Selain itu, kamu juga tidak boleh menyerobot antrian dan harus sabar menunggu giliranmu.

(Rappler)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Loading the player...

ig: @sippfm

PROGRAM

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional